Kamis, 22 Agustus 2013

Perkembangan Iptek

Diposting oleh Savira Purnama Dewi di 04.21 0 komentar
A.    Sejarah Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.
Perkembangan ilmu pengetahuan memberikan dampak yang besar dalam penemuan baru di bidang teknologi. Pada akhir abad ke-15 muncul gerakan yang bertujuan mengembangkan kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang dikenal dengan istilah renaisans, yaitu suatu gerakan yang ingin melahirkan kembali kebudayaan Yunani dan Romawi Kuno. Renains menjunjung tinggi kemampuan manusia, baik cara berpikir  atau menemukan dan menciptakan. Dengan adanya gerakan ini, semua orang bebas berpikir untuk menghasilkan penemuan baru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain gerakan renaisans, juga muncul gerakan yang disebut dengan humanisme yaitu suatu gerakan yang bertujuan mempelajari dan mengembangkan kebudayaan dan ilmu pengetahuan untuk diabdikan bagi kepentingan manusia.
Memasuki abad ke-18, ilmu pengetahuan berkembang pesat hingga abad ini sering disebut dengan abad pemikiran. Abad ke-18 merupakan abad penemuan berbagai bidang ilmu pengetahuan, baik ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, maupun teknologi. Penemuan di bidang teknologi merupakan awal abad teknologi yang membawa dunia berkembang dengan lebih jauh dan lebih cepat dari masa sebelumnya. Bersamaan dengan itu, pertumbuhan bangsa-bangsa dan segala peradabannya juga melaju dengan cepat sehingga pada abad ke-21 manusia mampu menciptakan berbagai peralatan dan teknologi canggih. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berjalan pesat, mendorong berkembangnya berbagai macam industri di berbagai negara termasuk Indonesia.
Di Indonesia, ilmu pengetahuan dan teknologi mulai berkembang sejak masa kolonial Belanda. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kolonial Belanda ini ditandai dengan berdirinya perusahaan swasta asing, misi keagamaan dan pendidikan Barat. Semuanya itu merupakan bagian dari eksploitasi ekonomi. Teknologi modern Barat memperkenalkan teknologinya yang pertama dengan melalui pabrik gula. Modernisasi teknologi tersebut kemudian menyebar ke sektor lainya, seperti pada galangan kapal, pertambangan batu bara, timah, gas dan minyak bumi. Sejak pertengahan abad ke-19 perkembangan ilmu pengetahuan Barat telah tersebar di Indonesia dengan melalui pembukaan sekolah-sekolah Barat bagi penduduk bumiputra.




B.    Faktor penyebab ketertinggalan perkembangan IPTEK di Indonesia.
Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelopori bangsa Barat pada masa kolonial Belanda ternyata belum mampu mendorong terjadinya revolusi ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Pada masa Pendudukan Jepang sempat diperkenalkan beberapa teknologi baru, khususnya dalam bidang pertanian. Akan tetapi, ternyata hal tersebut tidak banyak berpengaruh terhadap masyarakat pada masa itu. Penerapan teknologi modern di dalam masyarakat hanya terpusat pada bidang tertentu dan sebagian besar dikuasai oleh pengusaha asing.
Pada masa itu, Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan  dengan negara-negara Barat dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal tersebut di antaranya disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut.
1)    Terbatasnya jumlah penduduk Indonesia yang mendapat pendidikan.
2)    Terbatasnya jumlah orang Indonesia yang terlibat langsung dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3)    Tidak adanya keinginan baik dari penguasa kolonial Belanda maupun penguasa swasta asing dalam melakukan alih teknologi bagi penduduk pribumi.
4)    Tidak terjadinya industrialisasi.
5)    Tidak terjadinya inovasi teknologi yang berarti dalam masyarakat Indonesia sendiri.

Sumber:http://sketsa-1000.blogspot.com/2013/04/perkembangan-ilmu-pengetahuan-dan.html

The History of UMM

Diposting oleh Savira Purnama Dewi di 04.20 0 komentar

The History of UMM

The University of Muhammadiyah Malang was found in 1964 and initiated by the figure of Muhammadiyah Leadership in Malang.
At the beginning the University of Muhammadiyah Malang (UMM) was affiliated with the University of Muhammadiyah Jakarta established by Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta with the Deed of Notary R.Sihojo Wongsowidjojo in Jakarta No. 71 on June 19 1963.

At that time the University of Muhammadiyah Malang had three faculties: Faculty of EconomicsFaculty of Law, and the Faculty of Teacher Training and Education which included the Islamic Education Department.
The three faculties obtained the registered status from Education and Culture Ministry, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, in 1966 by the Decree Number 68/B-Swt/p/1966 dated December 30 1966.

On July 1 1968 the University of Muhammadiyah Malang officially separated from the University of Muhammadiyah Jakarta (UMJ).
The management was separated by Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang by the Deed of Notary R. Sudiono No. 2 on July 1 1968.
Furthermore, the Deed of Notary updated with the Notary G. Kamarudzaman No. 7 on June 6 1975 and updated again with the Deed of Notary Kumalasari S.H No. 026 on November 24 1988 and was registered in State Court Malang No. 88/PP/YYS/XI/1988 on November 28 1988.



In 1968 UMM added the Faculty of Social Welfare which became affiliated with the Faculty of Social Welfare of UMJ.
This became the fourth faculty at UMM.
The Islamic Education Department enrolled as the Faculty of Islamic Studies (Faculty of Tarbiyah) which was under the protection of the Religious Ministry.
In 1970 the Faculty of Tarbiyah obtained the same status as the State Islamic Institute (IAIN) from the Minister of Religious Decree Number 50 Year 1970.
That same year the Faculty of Social Welfare also changed its name to the Faculty of Social Science and Social Welfare Department.
In 1975 the Faculty of Social Science officially became independent (separated from UMJ) with the Registered Decree Number 002 A/1/1975 on April 16 1975.
During the years 1977 to 1980 more faculties were added to UMM which included: the Faculty of Engineering in 1977, Faculty of Agriculture in 1980, and the  Faculty of Animal Husbandry.
From 1983 to 1993 UMM added new departments and improved the status of existing ones.
In 1993 the University of Muhammadiyah Malang opened Post Graduate Programs such as Masters of Management and Masters of Sociology.
Up to the academic year 1994/1995 the University of Muhammadiyah Malang had nine faculties and 25 departments for Graduate Programs, two Masters Programs and one Diploma Program (D3-Nursing).
From 1983 to 1994 the most significant developments occurred.
From then on the development of UMM was very impressive and included improving the status of departments, the improvement of administration, the addition of facilities and the enlargement and improvement of staff quality in administration and academic.
In 2009 UMM merged the Faculty of Agriculture and Faculty of Animal Husbandry-Fishery which became the Faculty of Agricomplex in order to accord with the consortium of agriculture science.
There are three available campuses to support the teaching-learning process: Campus I in Jl. Bandung No. 1, Campus II in Jl. Bendungan Sutami No. 188a and Campus III in Jl. Raya Tlogo Mas.
To develop the quantity and quality of academic staff UMM employed young lecturers from various well-known universities in Java and improved the quality of the lecturers through funding for further studies both in Indonesia and abroad.
Finally the University of Muhammadiyah Malang transformed into the university of choice for students owing to its hard work.
UMM was recognized by Koordinator Kopertis Wilayah VII, through his speech at a Graduation of University of Muhammadiyah Malang on July 11 1992, that UMM had turned into a great university and had a prosperous future.
By continuously improving the University of Muhammadiyah Malang it became proud but humble and was ready to face the future for “mencerdaskan kehidupan bangsa”- educating the people of the nation and “membangun manusia Indonesia seutuhnya” - developing the Indonesian people to be dignified and compatible with other countries.

Source:http://www.umm.ac.id/page.php?c=01&c2=0101&c3=010102&lang=en

Pemanfaatan TI

Diposting oleh Savira Purnama Dewi di 04.19 0 komentar
Dalam kehidupan suatu negara, pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan teknologi informasi, sekolah-sekolah di Indonesia sudah waktunya mengembangkan Sistem Informasi manajemennya agar mampu mengikuti perubahan jaman.SISKO mampu memberikan kemudahan pihak pengelola menjalankan kegiatannya dan meningkatkan kredibilitas dan akuntabilitas sekolah dimata siswa, orang tua siswa, dan masyakat umumnya.Penerapan teknologi informasi untuk menunjang proses pendidikan telah menjadi kebutuhan bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan. Keberhasilan dalam peningkatan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan akan ikut menentukan kelangsungan hidup lembaga pendidikan itu sendiri. Dengan kata lain menunda penerapan teknologi informasi dalam lembaga pendidikan berarti menunda kelancaran pendidikan dalam menghadapi persaingan global.
Pemanfaatan teknologi informasi diperuntukkan bagi peningkatan kinerja lembaga pendidikan dalam upayanya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Guru dan pengurus sekolah tidak lagi disibukkan oleh pekerjaan-pekerjaan operasional, yang sesungguhnya dapat digantikan oleh komputer. Dengan demikian dapat memberikan keuntungan dalam efisien waktu dan tenaga.
Penghematan waktu dan kecepatan penyajian informasi akibat penerapan teknologi informasi tersebut akan memberikan kesempatan kepada guru dan pengurus sekolah untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan pembinaan kepada siswa. Dengan demikian siswa akan merasa lebih dimanusiakan dalam upaya mengembangkan kepribadian dan pengetahuannya.
Sebagai contoh yang paling utama adalah sistem penjadwalan yang harus dilakukan setiap awal semester. Biasanya membutuhkan waktu lama untuk menyusun penjadwalan, Dengan SISKO dapat selesai dalam waktu singkat. Untuk mempermudah bagian administrasi kurikulum sekolah, SISKO menyediakan fasilitas istimewa yang merupakan inti dari sistem kurikulum sekolah yaitu membantu dalam pembuatan penjadwalan mata pelajaran sekolah yang dapat diproses tidak lebih lama dari 10 menit. Administrator hanya akan memasukkan kondisi dari masing-masing guru yang akan mengajar baik itu dalam 1 minggu seorang guru dapat mengajar berapa jam, selain itu dapat juga melakukan pemesanan tempat dan penempatan hari libur masing-masing guru dalam 1 minggu masa mengajar. Setelah semua kondisi dimasukkan, sistem akan memproses semua data tersebut sehingga menghasilkan jadwal yang optimal dan dapat langsung dipakai karena sistem akan mendeteksi sehingga tidak akan ada jadwal yang bertumpukan satu dengan yang lainnya.
Setelah semua kondisi dimasukkan, sistem akan memproses semua data tersebut sehingga menghasilkan jadwal yang optimal dan dapat langsung dipakai karena sistem akan mendeteksi sehingga tidak akan ada jadwal yang bertumpukan satu dengan yang lainnya. Setelah permasalahan penjadwalan dapat ditangani dengan baik, hal yang tidak kalah pentingnya adalah memasukkan data siswa (penilaian siswa).
Program SISKO telah menyediakan fasilitas untuk penanganan penilaian siswa yang secara langsung memasukkan nilai ke dalam raport dan siap dicetak. Untuk sistem penilaian siswa, yang dapat melakukan pengisian hanya Guru yang mengajar mata pelajaran. Sistem penilaian telah disesuaikan dengan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) sehingga masing-masing guru dapat memasukkan deskripsi narasi dari mata pelajaran. Untuk menampilkan data penilaian dapat disesuaikan kembali dengan kebijaksanaan dari masing-masing lembaga pendidikan apakah ingin menampilkan data nilai akhir siswa maupun menampilkan data nilai siswa setiap kali mengadakan test ataupun tugas tertentu.
Selain Modul untuk penjadwalan dan Modul Penilaian siswa, SISKO juga memberikan fasilitas untuk bagian administrasi keuangan sekolah dalam hal pembayaran SPP siswa. Bagian administrasi dapat langsung mengecek siapa siswa yang mempunyai tunggakan SPP dan untuk detail histori pembayaran SPP dari masing-masing siswa dapat dicetak seperti mencetak buku tabungan di bank sehingga mempermudah pekerjaan pihak administrasi keuangan. Administrasi keuangan dapat langsung melakukan pengaturan data pembayaran masing-masing siswa sesuai dengan kebutuhan dan dapat diubah sewaktu-waktu apabila ada kenaikan pembayaran SPP. Apabila siswa tersebut akan melakukan pembayaran, petugas dapat langsung memasukkan data. Hal sama juga dapat dilakukan untuk Data pembayaran Sumbangan Sukarela dan Tabungan Karyawisata.

Sumber : http://ariefakbarsuharto-unknown.blogspot.com/

Rabu, 21 Agustus 2013

Review Novel I For You

Diposting oleh Savira Purnama Dewi di 16.16 0 komentar

I For You
Judul : I For You
Pengarang : Orizuka
Penerbit : Gagas Media
Tahun : 2012

Cerita Novel Ini berawal dari Seorang gadis yang bernama Cessa.Selama Ini dia dilarang bersekolah di sekolah Umum karena ada suatu hal. Dan selama ini juga dia memiliki seorang Laki-laki yang selalu setia melindunginya,Benji. Pada suatu saat Cessa ingin Sekolah di sekolah umum,tapi ayahnya melarang. Dan karena Cessa Memaksa,akhirnya dia disekolahkan di Sebuah SMA Umum bersama dengan Benji. Selama 3 Tahun, mereka selalu 1 kelas dan bangku mereka tak pernah berjauhan. Di saat kelas 3,entah mengapa bangku mereka menjadi Berjauhan. Awalnya mereka protes tetapi tetap saja bangku mereka tak bisa diubah. Dibelakang Cessa duduklah seorang laki-laki Miskin bernama Surya. Awalnya Cessa Kurang suka Terhadap Surya karena dia Laki-laki miskin dan Cessa memiliki Trauma terhadap orang Miskin. Tapi lama-kelamaan Cessa mulai menyukai Surya. Dan Benji juga mulai menyukai Bulan,Adik Surya. Tapi,suatu hari ada suatu masalah yang membuat Cinta Surya dan Cessa tak bisa bersatu. Apa Itu? Temukan jawabannya dengan membaca I For You.

Matahari Terbenam

Diposting oleh Savira Purnama Dewi di 05.30 0 komentar

Sabtu, 15 September 2012

Giveaway Novel Hanami

Diposting oleh Savira Purnama Dewi di 06.51 0 komentar

Ngomong-Ngomong udah lama aku tidak buka blogger:)
Hehehe.. sekarang aku ingin posting giveaway Novel yang membuat aku penasaran..
ya, itu adalah novel Hanami-Fenny Wong..
aku penasaran karena novel ini berunsur jepang,dan aku sangat suka novel yang bertemakan jepang daripada yang bertema korea...
Ini dia gambar covernya..
Dan jika ada yang ingin mendapatkan novel ini secara gratis,ada Giveawaynya kok..
Ini dia alamat giveawaynya: http://fennywongjournal.blogspot.com/2012/09/giveaway-spree-whee.html..
Jadi ayo ikutan....

Rabu, 07 Maret 2012

Makin Ngefans...

Diposting oleh Savira Purnama Dewi di 03.56 0 komentar
Entah Darimana Datangnya,Rasa Ini Terus ada di Benakku...
Aku Mulai Ngefans sama Kakak Kelasku..
Aku Tak Tahu bagaimana Rasa ini bisa muncul...
Aku Ingin Dia Tahu,Tapi aku tak tahu
Bagaimana Cara Mengungkapkan Rasa Itu,
Karena Perasaan ini sudah menyiksaku...
Tuhan Tolonglah Aku...
Sampaikan Perasaan Ini Padanya..
Agar Aku Tak Perlu lagi..
Menyimpan Rasa Ini dalam-dalam...

Kamis, 23 Februari 2012

Try Out STAN...

Diposting oleh Savira Purnama Dewi di 22.19 0 komentar
Hari Minggu besok,aku akan iku Try Out STAN... Bismillah moga aku bisa melewatinya..... apalagi pangeranku juga ikut... ya allah mimpi apa aku semalam bisa tryout bareng dia... Semoga aku nanti bisa 1 Universitas dengan pangeranku.... Amin...

Senin, 13 Februari 2012

Resensi Novel FATE (Saat Nasib Mempertemukan Kita)

Diposting oleh Savira Purnama Dewi di 06.24 2 komentar

Judul : FATE -- New Edition
Penerbit : Authorized Books
Tahun terbit : 2012
Genre : family, romance
ISBN : 978-602-96894-2-6
Harga: Rp. 44.000
  Kali Ini aku akan Mereview salah 1 Novel Kak Orizuka yang Berjudul FATE. Aku dapet novel ini setelah Pre-Order di salah 1 Toko Buku Online. Dan yang aku dapat yang new edition Karena yang lama dulu sudah kehabisan.
    Well,kali ini aku akan bercerita sedikit tentang isi Novel ini. Novel ini bercerita tentang 2 anak dari Keluarga jang. yaitu Jang Min Ho dan Jang Min Hwan. Mereka berdua terpisah sejak kecil karena Jang Min Ho adalah anak dari istri Sah,sedangkan Jang Min Hwan anak dari Seorang Pelacur di Korea dan hidupnya menderita sampai harus bekerja di Toko untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tapi suatu hari Ayah mereka meninggal. Jang Min Ho dan Jang Min Hwan kembali dipertemukan untuk mendengar wasiat dari Ayah Mereka. Dan di dalam Novel Ini ada juga 1 Perempuan yang bernama Dena. Dia adalah Anak Ketua Pelayan di Keluarga Jang. Yang mengetahui segala hal tentang Jang Min Ho dan jang Min Hwan,dan begitu menyukai jang Min Ho. dan dia juga menjadi Saksi saat Jang Min Hwan diusir oleh Ibu Tirinya.
 Saat mereka tinggal serumah,tiba-tiba ada Surat dari ayah mereka yang menceritakan Suatu rahasia besar. Kita tidak akan mengetahui rahasia itu sebelum membaca Endingnya.
  Dan aku kembali kagum dengan kak Orizuka. Walaupun aku tidak bisa tersentuh seperti setelah membaca Summer Breeze,tapi Aku cukup tertarik dengan novel ini karena Jarang sekali ada Novel yang Bercerita Tentang KeluargaSecara Mendetail Seperti Novel Fate..
  Aku Berharap dengan Review ini banyak yang penasaran Ingin membaca dan membelinya...


Perkembangan Iptek

A.    Sejarah Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Perkembangan ilmu pengetahuan memberikan dampak yang besar dalam penemuan baru di bidang teknologi. Pada akhir abad ke-15 muncul gerakan yang bertujuan mengembangkan kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang dikenal dengan istilah renaisans, yaitu suatu gerakan yang ingin melahirkan kembali kebudayaan Yunani dan Romawi Kuno. Renains menjunjung tinggi kemampuan manusia, baik cara berpikir  atau menemukan dan menciptakan. Dengan adanya gerakan ini, semua orang bebas berpikir untuk menghasilkan penemuan baru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain gerakan renaisans, juga muncul gerakan yang disebut dengan humanisme yaitu suatu gerakan yang bertujuan mempelajari dan mengembangkan kebudayaan dan ilmu pengetahuan untuk diabdikan bagi kepentingan manusia.
Memasuki abad ke-18, ilmu pengetahuan berkembang pesat hingga abad ini sering disebut dengan abad pemikiran. Abad ke-18 merupakan abad penemuan berbagai bidang ilmu pengetahuan, baik ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, maupun teknologi. Penemuan di bidang teknologi merupakan awal abad teknologi yang membawa dunia berkembang dengan lebih jauh dan lebih cepat dari masa sebelumnya. Bersamaan dengan itu, pertumbuhan bangsa-bangsa dan segala peradabannya juga melaju dengan cepat sehingga pada abad ke-21 manusia mampu menciptakan berbagai peralatan dan teknologi canggih. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berjalan pesat, mendorong berkembangnya berbagai macam industri di berbagai negara termasuk Indonesia.
Di Indonesia, ilmu pengetahuan dan teknologi mulai berkembang sejak masa kolonial Belanda. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kolonial Belanda ini ditandai dengan berdirinya perusahaan swasta asing, misi keagamaan dan pendidikan Barat. Semuanya itu merupakan bagian dari eksploitasi ekonomi. Teknologi modern Barat memperkenalkan teknologinya yang pertama dengan melalui pabrik gula. Modernisasi teknologi tersebut kemudian menyebar ke sektor lainya, seperti pada galangan kapal, pertambangan batu bara, timah, gas dan minyak bumi. Sejak pertengahan abad ke-19 perkembangan ilmu pengetahuan Barat telah tersebar di Indonesia dengan melalui pembukaan sekolah-sekolah Barat bagi penduduk bumiputra.




B.    Faktor penyebab ketertinggalan perkembangan IPTEK di Indonesia.
Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelopori bangsa Barat pada masa kolonial Belanda ternyata belum mampu mendorong terjadinya revolusi ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Pada masa Pendudukan Jepang sempat diperkenalkan beberapa teknologi baru, khususnya dalam bidang pertanian. Akan tetapi, ternyata hal tersebut tidak banyak berpengaruh terhadap masyarakat pada masa itu. Penerapan teknologi modern di dalam masyarakat hanya terpusat pada bidang tertentu dan sebagian besar dikuasai oleh pengusaha asing.
Pada masa itu, Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan  dengan negara-negara Barat dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal tersebut di antaranya disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut.
1)    Terbatasnya jumlah penduduk Indonesia yang mendapat pendidikan.
2)    Terbatasnya jumlah orang Indonesia yang terlibat langsung dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3)    Tidak adanya keinginan baik dari penguasa kolonial Belanda maupun penguasa swasta asing dalam melakukan alih teknologi bagi penduduk pribumi.
4)    Tidak terjadinya industrialisasi.
5)    Tidak terjadinya inovasi teknologi yang berarti dalam masyarakat Indonesia sendiri.

Sumber:http://sketsa-1000.blogspot.com/2013/04/perkembangan-ilmu-pengetahuan-dan.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

The History of UMM

The History of UMM

The University of Muhammadiyah Malang was found in 1964 and initiated by the figure of Muhammadiyah Leadership in Malang.
At the beginning the University of Muhammadiyah Malang (UMM) was affiliated with the University of Muhammadiyah Jakarta established by Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta with the Deed of Notary R.Sihojo Wongsowidjojo in Jakarta No. 71 on June 19 1963.

At that time the University of Muhammadiyah Malang had three faculties: Faculty of EconomicsFaculty of Law, and the Faculty of Teacher Training and Education which included the Islamic Education Department.
The three faculties obtained the registered status from Education and Culture Ministry, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, in 1966 by the Decree Number 68/B-Swt/p/1966 dated December 30 1966.

On July 1 1968 the University of Muhammadiyah Malang officially separated from the University of Muhammadiyah Jakarta (UMJ).
The management was separated by Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang by the Deed of Notary R. Sudiono No. 2 on July 1 1968.
Furthermore, the Deed of Notary updated with the Notary G. Kamarudzaman No. 7 on June 6 1975 and updated again with the Deed of Notary Kumalasari S.H No. 026 on November 24 1988 and was registered in State Court Malang No. 88/PP/YYS/XI/1988 on November 28 1988.



In 1968 UMM added the Faculty of Social Welfare which became affiliated with the Faculty of Social Welfare of UMJ.
This became the fourth faculty at UMM.
The Islamic Education Department enrolled as the Faculty of Islamic Studies (Faculty of Tarbiyah) which was under the protection of the Religious Ministry.
In 1970 the Faculty of Tarbiyah obtained the same status as the State Islamic Institute (IAIN) from the Minister of Religious Decree Number 50 Year 1970.
That same year the Faculty of Social Welfare also changed its name to the Faculty of Social Science and Social Welfare Department.
In 1975 the Faculty of Social Science officially became independent (separated from UMJ) with the Registered Decree Number 002 A/1/1975 on April 16 1975.
During the years 1977 to 1980 more faculties were added to UMM which included: the Faculty of Engineering in 1977, Faculty of Agriculture in 1980, and the  Faculty of Animal Husbandry.
From 1983 to 1993 UMM added new departments and improved the status of existing ones.
In 1993 the University of Muhammadiyah Malang opened Post Graduate Programs such as Masters of Management and Masters of Sociology.
Up to the academic year 1994/1995 the University of Muhammadiyah Malang had nine faculties and 25 departments for Graduate Programs, two Masters Programs and one Diploma Program (D3-Nursing).
From 1983 to 1994 the most significant developments occurred.
From then on the development of UMM was very impressive and included improving the status of departments, the improvement of administration, the addition of facilities and the enlargement and improvement of staff quality in administration and academic.
In 2009 UMM merged the Faculty of Agriculture and Faculty of Animal Husbandry-Fishery which became the Faculty of Agricomplex in order to accord with the consortium of agriculture science.
There are three available campuses to support the teaching-learning process: Campus I in Jl. Bandung No. 1, Campus II in Jl. Bendungan Sutami No. 188a and Campus III in Jl. Raya Tlogo Mas.
To develop the quantity and quality of academic staff UMM employed young lecturers from various well-known universities in Java and improved the quality of the lecturers through funding for further studies both in Indonesia and abroad.
Finally the University of Muhammadiyah Malang transformed into the university of choice for students owing to its hard work.
UMM was recognized by Koordinator Kopertis Wilayah VII, through his speech at a Graduation of University of Muhammadiyah Malang on July 11 1992, that UMM had turned into a great university and had a prosperous future.
By continuously improving the University of Muhammadiyah Malang it became proud but humble and was ready to face the future for “mencerdaskan kehidupan bangsa”- educating the people of the nation and “membangun manusia Indonesia seutuhnya” - developing the Indonesian people to be dignified and compatible with other countries.

Source:http://www.umm.ac.id/page.php?c=01&c2=0101&c3=010102&lang=en

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pemanfaatan TI

Dalam kehidupan suatu negara, pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan teknologi informasi, sekolah-sekolah di Indonesia sudah waktunya mengembangkan Sistem Informasi manajemennya agar mampu mengikuti perubahan jaman.SISKO mampu memberikan kemudahan pihak pengelola menjalankan kegiatannya dan meningkatkan kredibilitas dan akuntabilitas sekolah dimata siswa, orang tua siswa, dan masyakat umumnya.Penerapan teknologi informasi untuk menunjang proses pendidikan telah menjadi kebutuhan bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan. Keberhasilan dalam peningkatan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan akan ikut menentukan kelangsungan hidup lembaga pendidikan itu sendiri. Dengan kata lain menunda penerapan teknologi informasi dalam lembaga pendidikan berarti menunda kelancaran pendidikan dalam menghadapi persaingan global.
Pemanfaatan teknologi informasi diperuntukkan bagi peningkatan kinerja lembaga pendidikan dalam upayanya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Guru dan pengurus sekolah tidak lagi disibukkan oleh pekerjaan-pekerjaan operasional, yang sesungguhnya dapat digantikan oleh komputer. Dengan demikian dapat memberikan keuntungan dalam efisien waktu dan tenaga.
Penghematan waktu dan kecepatan penyajian informasi akibat penerapan teknologi informasi tersebut akan memberikan kesempatan kepada guru dan pengurus sekolah untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan pembinaan kepada siswa. Dengan demikian siswa akan merasa lebih dimanusiakan dalam upaya mengembangkan kepribadian dan pengetahuannya.
Sebagai contoh yang paling utama adalah sistem penjadwalan yang harus dilakukan setiap awal semester. Biasanya membutuhkan waktu lama untuk menyusun penjadwalan, Dengan SISKO dapat selesai dalam waktu singkat. Untuk mempermudah bagian administrasi kurikulum sekolah, SISKO menyediakan fasilitas istimewa yang merupakan inti dari sistem kurikulum sekolah yaitu membantu dalam pembuatan penjadwalan mata pelajaran sekolah yang dapat diproses tidak lebih lama dari 10 menit. Administrator hanya akan memasukkan kondisi dari masing-masing guru yang akan mengajar baik itu dalam 1 minggu seorang guru dapat mengajar berapa jam, selain itu dapat juga melakukan pemesanan tempat dan penempatan hari libur masing-masing guru dalam 1 minggu masa mengajar. Setelah semua kondisi dimasukkan, sistem akan memproses semua data tersebut sehingga menghasilkan jadwal yang optimal dan dapat langsung dipakai karena sistem akan mendeteksi sehingga tidak akan ada jadwal yang bertumpukan satu dengan yang lainnya.
Setelah semua kondisi dimasukkan, sistem akan memproses semua data tersebut sehingga menghasilkan jadwal yang optimal dan dapat langsung dipakai karena sistem akan mendeteksi sehingga tidak akan ada jadwal yang bertumpukan satu dengan yang lainnya. Setelah permasalahan penjadwalan dapat ditangani dengan baik, hal yang tidak kalah pentingnya adalah memasukkan data siswa (penilaian siswa).
Program SISKO telah menyediakan fasilitas untuk penanganan penilaian siswa yang secara langsung memasukkan nilai ke dalam raport dan siap dicetak. Untuk sistem penilaian siswa, yang dapat melakukan pengisian hanya Guru yang mengajar mata pelajaran. Sistem penilaian telah disesuaikan dengan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) sehingga masing-masing guru dapat memasukkan deskripsi narasi dari mata pelajaran. Untuk menampilkan data penilaian dapat disesuaikan kembali dengan kebijaksanaan dari masing-masing lembaga pendidikan apakah ingin menampilkan data nilai akhir siswa maupun menampilkan data nilai siswa setiap kali mengadakan test ataupun tugas tertentu.
Selain Modul untuk penjadwalan dan Modul Penilaian siswa, SISKO juga memberikan fasilitas untuk bagian administrasi keuangan sekolah dalam hal pembayaran SPP siswa. Bagian administrasi dapat langsung mengecek siapa siswa yang mempunyai tunggakan SPP dan untuk detail histori pembayaran SPP dari masing-masing siswa dapat dicetak seperti mencetak buku tabungan di bank sehingga mempermudah pekerjaan pihak administrasi keuangan. Administrasi keuangan dapat langsung melakukan pengaturan data pembayaran masing-masing siswa sesuai dengan kebutuhan dan dapat diubah sewaktu-waktu apabila ada kenaikan pembayaran SPP. Apabila siswa tersebut akan melakukan pembayaran, petugas dapat langsung memasukkan data. Hal sama juga dapat dilakukan untuk Data pembayaran Sumbangan Sukarela dan Tabungan Karyawisata.

Sumber : http://ariefakbarsuharto-unknown.blogspot.com/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Review Novel I For You


I For You
Judul : I For You
Pengarang : Orizuka
Penerbit : Gagas Media
Tahun : 2012

Cerita Novel Ini berawal dari Seorang gadis yang bernama Cessa.Selama Ini dia dilarang bersekolah di sekolah Umum karena ada suatu hal. Dan selama ini juga dia memiliki seorang Laki-laki yang selalu setia melindunginya,Benji. Pada suatu saat Cessa ingin Sekolah di sekolah umum,tapi ayahnya melarang. Dan karena Cessa Memaksa,akhirnya dia disekolahkan di Sebuah SMA Umum bersama dengan Benji. Selama 3 Tahun, mereka selalu 1 kelas dan bangku mereka tak pernah berjauhan. Di saat kelas 3,entah mengapa bangku mereka menjadi Berjauhan. Awalnya mereka protes tetapi tetap saja bangku mereka tak bisa diubah. Dibelakang Cessa duduklah seorang laki-laki Miskin bernama Surya. Awalnya Cessa Kurang suka Terhadap Surya karena dia Laki-laki miskin dan Cessa memiliki Trauma terhadap orang Miskin. Tapi lama-kelamaan Cessa mulai menyukai Surya. Dan Benji juga mulai menyukai Bulan,Adik Surya. Tapi,suatu hari ada suatu masalah yang membuat Cinta Surya dan Cessa tak bisa bersatu. Apa Itu? Temukan jawabannya dengan membaca I For You.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Matahari Terbenam


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Giveaway Novel Hanami


Ngomong-Ngomong udah lama aku tidak buka blogger:)
Hehehe.. sekarang aku ingin posting giveaway Novel yang membuat aku penasaran..
ya, itu adalah novel Hanami-Fenny Wong..
aku penasaran karena novel ini berunsur jepang,dan aku sangat suka novel yang bertemakan jepang daripada yang bertema korea...
Ini dia gambar covernya..
Dan jika ada yang ingin mendapatkan novel ini secara gratis,ada Giveawaynya kok..
Ini dia alamat giveawaynya: http://fennywongjournal.blogspot.com/2012/09/giveaway-spree-whee.html..
Jadi ayo ikutan....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Makin Ngefans...

Entah Darimana Datangnya,Rasa Ini Terus ada di Benakku...
Aku Mulai Ngefans sama Kakak Kelasku..
Aku Tak Tahu bagaimana Rasa ini bisa muncul...
Aku Ingin Dia Tahu,Tapi aku tak tahu
Bagaimana Cara Mengungkapkan Rasa Itu,
Karena Perasaan ini sudah menyiksaku...
Tuhan Tolonglah Aku...
Sampaikan Perasaan Ini Padanya..
Agar Aku Tak Perlu lagi..
Menyimpan Rasa Ini dalam-dalam...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Try Out STAN...

Hari Minggu besok,aku akan iku Try Out STAN... Bismillah moga aku bisa melewatinya..... apalagi pangeranku juga ikut... ya allah mimpi apa aku semalam bisa tryout bareng dia... Semoga aku nanti bisa 1 Universitas dengan pangeranku.... Amin...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Resensi Novel FATE (Saat Nasib Mempertemukan Kita)


Judul : FATE -- New Edition
Penerbit : Authorized Books
Tahun terbit : 2012
Genre : family, romance
ISBN : 978-602-96894-2-6
Harga: Rp. 44.000

  Kali Ini aku akan Mereview salah 1 Novel Kak Orizuka yang Berjudul FATE. Aku dapet novel ini setelah Pre-Order di salah 1 Toko Buku Online. Dan yang aku dapat yang new edition Karena yang lama dulu sudah kehabisan.
    Well,kali ini aku akan bercerita sedikit tentang isi Novel ini. Novel ini bercerita tentang 2 anak dari Keluarga jang. yaitu Jang Min Ho dan Jang Min Hwan. Mereka berdua terpisah sejak kecil karena Jang Min Ho adalah anak dari istri Sah,sedangkan Jang Min Hwan anak dari Seorang Pelacur di Korea dan hidupnya menderita sampai harus bekerja di Toko untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tapi suatu hari Ayah mereka meninggal. Jang Min Ho dan Jang Min Hwan kembali dipertemukan untuk mendengar wasiat dari Ayah Mereka. Dan di dalam Novel Ini ada juga 1 Perempuan yang bernama Dena. Dia adalah Anak Ketua Pelayan di Keluarga Jang. Yang mengetahui segala hal tentang Jang Min Ho dan jang Min Hwan,dan begitu menyukai jang Min Ho. dan dia juga menjadi Saksi saat Jang Min Hwan diusir oleh Ibu Tirinya.
 Saat mereka tinggal serumah,tiba-tiba ada Surat dari ayah mereka yang menceritakan Suatu rahasia besar. Kita tidak akan mengetahui rahasia itu sebelum membaca Endingnya.
  Dan aku kembali kagum dengan kak Orizuka. Walaupun aku tidak bisa tersentuh seperti setelah membaca Summer Breeze,tapi Aku cukup tertarik dengan novel ini karena Jarang sekali ada Novel yang Bercerita Tentang KeluargaSecara Mendetail Seperti Novel Fate..
  Aku Berharap dengan Review ini banyak yang penasaran Ingin membaca dan membelinya...


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
 

Savira Purnama Dewi (サヴィラプルナマデウィ) Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal